Home / Featured / Curug Sidomba

Curug Sidomba

Sidomba adalah obyek wisata yang terletak di kaki Gunung Ciremai, berlokasi di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Peta dan Koordinat GPS: 6° 54′ 6.79? S 108° 28′ 32.06? E atau 6° 53′ 42.33? S 108° 27′ 51.04? E.

Obyek Wisata Sidomba yang terletak di Desa Peusing letaknya bersebelahan dengan Desa Sayana. Jarak antara keduanya hanya sekitar 1 KM. Untuk menuju Obyek Wisata Sidomba, dapat menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Selain itu lokasinya sangat strategis dan akses jalan menuju tempat wisata tersebut cukup baik.

Asal-usul nama Sidomba menurut penuturan tokoh masyarakat dan penduduk asli setempat, sebelum dibangun untuk menjadi areal wisata, areal tersebut dahulunya dijadikan tempat orang-orang menggembalakan ternak domba.

Sebagai tempat gembala domba, setiap harinya masyarakat setempat berkumpul di daerah tersebut, dari pagi sampai sore hari. Sampai sekarang, ladang penggembalaan tersebut sebagian masih ada dan masih dimanfaatkan warga setempat untuk mengambil rumputnya.

Sidomba merupakan obyek wisata andalan Kabupaten Kuningan. Keunggulan Obyek Wisata Sidomba yaitu keindahan alam dan suasana yang sejuk karena terletak di kaki bukit Gunung Ciremai sehingga membuat nyaman untuk rekreasi bersama teman maupun keluarga. Karena obyek wisata ini berada tepat dibawah kaki Gunung Ciremai, Anda akan melihat pemandangan alam yang indah serta merasakan sejuknya air pegunungan.

Obyek Wisata Sidomba menawarkan beragam fasilitas untuk memanjakan pengunjung. Diantaranya Curug Sidomba, Bumi Perkemahan, Kolam Renang, Out Bond, Mobil Domba, Gedung Serba Guna, Taman Bermain, Gazebo, Koleksi Hewan, Hiburan Live Musik, Karaoke, Karaoke Box, Wahana Motor ATV dan Kereta Mini dan memiliki Masjid terbesar diantara obyek-obyek wisata yang ada di Kabupaten Kuningan.

Masih di kawasan Curug Sidomba, pengunjung juga bisa mengunjungi menara setinggi 36 meter. Dari menara ini pengunjung bisa melihat pemandangan alam yang indah.

SIDOMBA PEDULI PENDIDIKAN

Pada kiprahnya Objek Wisata Sidomba Kuningan tidak berorientasi pada tujuan finansial semata. Sisi lain dari kepedulian Objek Wisata Sidomba yakni menyisihkan sebagian keuntungan untuk dana pendidikan.

MITOS CURUG SIDOMBA

Curug Sidomba ternyata menyimpan suatu mitos atau cerita yang turun temurun tersemat di warga setempat. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, bahwa apabila kita membasuh muka dengan mata air Curug Sidomba, maka dipercaya bahwa kita akan awet muda. Selain itu, kita akan digampangkan mendapatkan jodoh atau pendamping hidupnya. Curug Sidomba juga diyakini merupakan tempat mandi para bidadari yang turun dari khayangan.

Untuk menuju lokasi curug, pengunjung dapat menempuhnya dengan jalan kaki. Pengunjung harus melewati 99 anak tangga untuk sampai ke lokasi Curug.

Setelah melewati tangga yang terakhir pengunjung harus menyusuri tepian sungai untuk bisa sampai ke lokasi air terjun. Sambil menyusuri tepian sungai menuju Curug, pengunjung dapat menikmati berpuluh ikan jenis kancra yang hidup di aliran air sungai dengan warna warni yang berbeda. Terdapat pula ikan dewa (kancra bodas). Ikan dewa tersebut merupakan jenis ikan yang dikeramatkan. Menurut cerita masyarakat setempat, ikan-ikan ini tidak boleh diusik apalagi diambil. Karena mitosnya ikan dewa tersebut merupakan jelmaan dari prajurit Kerajaan Padjajaran.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *